DO, DOES, DID dan DONE

Banyak yang bertanya tentang penggunaan kata kerja DO, DOES, DID, DONE, kepada saya termasuklah siswa dan teman-teman saya. Nah apa sih keempat kata kerja itu? Bagaimana penggunaannya?. Nah kali ini akan saya bahas mengenai kata kerja tersebut. Pertama-tama lihat dulu perubahan kata kerja tersebut dibawah ini:

DO (Verb1) DID(verb2) DONE(verb3)

Ketiga kata kerja tersebut mempunyai arti yang sama yaitu (Melakukan, mengerjakan, melaksanakan), tetapi dalam penggunaannya berbeda, misalnya DO digunakan untuk Simple present tense, DID digunakan untuk Simple past tense, dan DONE digunakan untuk Present perfect tense.

Perhatikan contoh penggunaannya dalam kalimat
1. They do the task very well (simple present tense)
2. They did the task very well yesterday (present continuous tense)
3. They have done the task very well (Present perfect tense)

Nah bagaimana dengan DOES?, does juga merupakan kata kerja yang mempunyai arti (mengerjakan, melakukan, atau melaksanakan), sama dengan DO digunakan untuk tenses simple present tetapi berbeda apabila digunakan oleh Subjek tertentu. Misalnya:
• I do the test very well
• He does the test very well

Dari contoh tersebut subjek He menggunakan Does, sedangkan I menggunakan DO. Dan berlaku juga untuk kata kerja-kata kerja lainnya, untuk lebih jelasnya lagi dapat dilihat aturannya di SIMPLE PRESENT TENSE.

O ya.. ada tambahan lagi DO, DOES, dan DID juga merupakan kata kerja bantu untuk kalimat negative pada tenses: Simple present tense (DO NOT/DON’T) atau (DOES NOT/DOESN’T), dan Simple Past tense (DID NOT/DON’T). Misalnya:
• She doesn’t go to school
• You don’t go to school
Demikianlah penjelasan kali ini, mudah-mudahan di mengerti…

8 comments:

  1. Mantap bos. Keep up the great work.

    Bagi rekan-rekan yang membutuhkan penjelasan, penggunaan, dan contoh tambahan tentang topik ini silakan visit:
    penggunaan DO, DOES, DID dan DONE.

    ReplyDelete
  2. saya ingin bertanya soal kalimat di bawah ini..
    how about your parents? what do they do?
    -he works at the bank.
    mengapa verbnya pake works sementara do dalam pertanyaan itu adalah verb.
    jawab ea ka..............................

    ReplyDelete
  3. Harus dibedakan kapan DO sebagai kata kerja dan kapan DO sebagai kata bantu. Di talimat tanya "What DO they do?", DO (setelah what) adalah kata bantu, sedangkan do (setelah subjek they) adalah verb. Kata kerja 'do' ini tentu saja bisa digantikan dengan verb lainnya, tergantung dari apa yang mau disampaikan. "What DO they watch?"; "What DO they study?"; What DO they eat?", etc.

    Kalimat "He works at the bank" adalah kalimat positif (affirmative). Kalimat positif tidak membutuhkan kata bantu. Kalau berupa kalimat tanya atau kalimat negatif barulah dibutuhkan kata bantu.

    Dan, ditambahkannya '-s' pada verb 'work, karena subjectnya adalah orang ketiga tunggal.

    ReplyDelete
  4. terima kasih pak Swara Bhaskara atas bantuan jawabannya, maklum blognya jarang saya buka dan update...

    ReplyDelete
  5. saya mau tau,. sebenarnya ada tidak perbedaan do not dengan don't,.? tp selain dari berupa singkatan,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. *Biasanya "do not" digunakan pada tulisan, sedangkan "don't" untuk percakapan. Tapi bisa juga digunakan untuk tulisan dan percakapan.
      *Penggunaan "do not" biasanya untuk penggunaan secara resmi, sedangkan "don't" digunakan untuk keadaan yang tidak resmi.

      Delete