Noun Phrase

Karena sudah lama tidak menulis yang berhubungan dengan pelajaran,, nah kali ini saya akan sedikit memberikan penjelasan mengenai "Noun Phrase". Apa itu??, coba deh simak penjelasan berikut ini.
Noun Phrase adalah kelompok kata yang diakhiri dengan kata benda (many, much, few, little, fewer, less). Noun phrase juga bisa diikuti dengan determiners seperti the, a, this, dll, atau adjectives, adverbs dan nouns. yang harus diketahui adalah bahwa di depan noun phrase tidak boleh ada preposition seperti "of". Ada lima point yang berhubungan dengan pembahasan noun phrase ini, yaitu sebagai berikut:

1. Countable dan Non Countable Nouns 
Countable Nouns menunjukkan kata benda yang bisa dihitung. Misalnya: one book, two chairs, three tables. Sedangkan Non Countable Nouns menunjukkan kata benda yang tidak bisa dihitung. Misalnya: Untuk sugar (gula), kita tidak boleh menggunakan one sugar, two sugar ... beberapa contoh countable noun yang perubahannya tidak beraturan yang perlu kita ketahui adalah: person-people, child-children, tooth-teeth, moise-mice.

2. A and An
A/an digunakan untuk menunjukkan kata benda tunggal yang bisa dihitung. Atau kalau diartikan "sebuah".
Contoh kalimatnya: 
  • I saw an aeroplane just now
  • Her father bought a motorcycle for her birthday.
An kita gunakan apabila kita berhadapan dengan kata yang huruf pertamanya dimulai dengan huruf hidup (vokal). sedangkan A digunakan jika menghadapi kata yang huruf pertamanya dimulai dengan huruf konsonan. 

3. The
Kita dapat menggunakan the untuk menyatakan sesuatu yang sudah diketahui sebelumnya, atau untuk menyatakan sesuatu yang hanya satu-satunya.
Contohnya:
  • The man in front of the school is my friend (pembicara dan orang yang diajak bicara mengetahui laki-laki yang dimaksud).
  • The sun sets in the west (Hanya ada satu matahari)
4. Some and Any
Some dan any sama-sama menyatakan kuantitas dan jumlah (tapi tidak disebutkan angka atau ukurannya secara eksak), perbedaan some dan any adalah terletak pada penerapannya di dalam kalimat. Some digunakan untuk kalimat positif sedangkan any digunakan untuk kalimat negatif dan pertanyaan atau question.
Contoh kalimatnya:
  • She saw some cats in the park. (Positive)
  • She didn't see any cats in the park. (Negative)
  • Did she see any cats in the park. (Question)
Some dan any juga dapat dihubungkan dengan keberadaan seseorang atau sesuatu: somebody, someone, nobody, anyone, dll. Untuk ketentuan positif dan negatifnya sama saja.

5. Half, Most, All, None
Semua menunjukan jumlah, tetapi tidak secara eksak. Baik half, most, all atau none dogolongkan sebagai determiners dapat digunakan pada semua noun. Dalam pemakaian sehari-hari, kata-kata tersebut harus diikuti dengan "of" apabila hendak menghadapi pronoun.
contohnya:
  • My aunt bought half of a kilo apples yesterday
  • Most of the teachers disagree with the headmater's opinion.
Sumber: dari berbagai buku pegangan mengajar bahasa inggris dan pengalaman mengajar bahasa inggris.
Ok, demikian dulu pembahasan saya yang singkat ini, mudah-mudahan bisa dimengerti.

1 comment: