Sosialisasi Pengawas UJian Nasional SMP subrayon 5 Tayan Hilir

Ujian Nasional tinggal beberapa hari lagi, apakah siswa siswi kita siap menghadapinya?, jawaban yang relatif bagi masing-masing sekolah yang melakukannya. Di katakan siap, ya kita harus siap karena memang sudah waktunya untuk mereka membuktikan kemampuan mereka untuk bisa melewati ujian tersebut.
Memang aturan ujian berbeda untuk setiap tahunnya, baik paket soalnya, soal bervariasi bukan hanya 2 atau 4, tetapi malah ada 20 soal berbeda di setiap kelas, dan pengawas ujian pun dibuat bingung, tiap tahun berbeda. Tapi tidak apa lah, itu sudah menjadi tugas pengawas ujian, yang terpenting adalah siswa siswi didik kita bisa mengikuti ujian dengan baik tanpa adanya ketakutan, intimidasi atau pun hal-hal negatif lainnya. Nah inilah salah satu tugas pengawas ujian, jangan sampai membuat peserta ujian menjadi canggung, takut bahkan sampai-sampai memegang pensil pun bergetar, :) kan kasihan, justru kita sebagai pengawas membimbing mereka dalam mengisi data dan jangan membuat mereka ter intimidasi.

Tayan Hilir Kab Sanggau
Sekolah kami SMPN Satap 3 Toba termasuk dalam subrayon 5 Tayan Hilir, berarti bersama-sama sekolah lainnya yang masuk dalam subrayon tersebut mengemban tugas yang sama pula dan adanya pengawasan silang antar sekolah yang termasuk dalam sub rayon 5 Tayan Hilir.
Kemarin tanggal 18 April 2013 kami seluruh pengawas yang terdiri dari guru-guru yang bertugas di lingkungan sub rayon 5 Tayan Hilir mengadakan sosialisasi pengawas Ujian Nasional yang diadakan di SMPN 1 Tayan Hilir yang diketuai oleh kepala sekolah SMPN 1 Tayan Hilir yaitu Abdul Kholiq, S.Pd yang dulunya bertugas di kecamatan Toba. Ada beberapa hal yang saya catat dari hasil sosialisasi tersebut, yaitu:
  • Adanya pengawasan silang dalam kawasan sub rayon 5
  • Dipastikan ada setidaknya 20 soal yang berbeda 
  • Untuk pengisian berita acara harus memperhatikan petunjuk dari panitia yang akan di informasi kan pada waktu pengawasan Ujian Nasional.
Teman-teman sehabis sosialisasi UN
Menurut saya yang paling berbeda dari pelaksanaan ujian sebelumnya adalah, variasi soal yang sangat banyak, artinya ada 20 siswa yang mendapat soal yang berbeda satu sama lain, kemudian yang ke dua yang tidak kalah pentingnya :) adalah pelaksanaan ujian nasional tahun ini sangat memprihatinkan, bisa dikatakan gagal secara nasional untuk tingkat SMA, dikarenakan keterlambatan 11 provinsi yang membuat siswa siswi harus melaksanakan ujian tidak tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan secara nasional, tapi mudah-mudahan untuk di tingkat SMP pelaksanaan ujian ini berlangsung dengan baik, tidak adanya keterlambatan soal dan sebagainya.
Pak Thaufik, Kurikulum SMPN 5 Tayan Hilir
Nah, yang terpenting juga dalam sosialisasi Ujian Nasional tahun ini, kami bisa bertemu dan berkumpul bersama tama-teman guru yang bertugas di sekolah yang berlainan, jadi bisa tambah teman dan sharing informasi,, itu yang penting!! ; )

7 comments:

  1. wah lumayan rame juga yah..

    ninggalin jejak dlu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks atas kunjungannya fin,,
      kunjungi lg next time,,

      Delete
    2. blog mu oke tuh, infonya mantap2,,
      keep writing,,

      Delete
    3. iseng aja bang....

      blog http://beagreatpersons.blogspot.com tuh masih berat tampilannya.. terkadang kita mw memudahkan pembaca malah jadinya kurang menarik.. tp dgn beberapa pertimbangan yah terpaksa ganti template..krna skg template blogspot udh harus pake htmlv5 yg valid responsive sama browser" versi jadul..

      skg lagi ngolah blog dgn tema yg beda sih.. http://ubuntuservertuts.blogspot.com ^^

      Delete
    4. ya, lebih mearik yang baru ini fin,, hebat...

      Delete
  2. Replies
    1. Thanks Didi, Blog mu sangat2 informatif,,

      Delete