Penggunaan Since dan For

Di facebook saya ada seorang siswa SMA menuliskan pertanyaan tentang penggunaan SINCE dan FOR, untuk itu kali ini saya akan membahas tentang SINCE dan FOR
Dalam konteks ini saya akan menjelaskan tentang SINCE dan FOR yang berhubungan dengan Present Perfect Continuous Tense, SINCE berarti Sejak dan FOR berarti Selama.
Perhatikan pola kalimat dibawah ini!

S + HAS/HAVE + BEEN + VERB ING + OBJECT

Apabila subjectnya I,WE,YOU,THEY,Subjek lebih dari satu maka Auxiliarynya menggunakan HAVE.
Dan apabila subjeknya SHE, HE, IT, THE STUDENT, dan subjek tunggal menggunakan HAS
Contoh dalam kalimat:
• I have been living in Ngabang for five years
(Saya sudah tinggal di Ngabang selama lima tahun)
• I have been living in Ngabang Since 1990
(Saya sudah tinggal di Ngabang Sejak tahun 1990)
Dari contoh yang saya berikan sudah jelas perbedaan antara FOR and SINCE, atau kalian biasa membaca juga disini.

Selain digunakan pada tenses Perfect , Since dan For juga digunakan juga untuk membicarakan tentang waktu/times.
Singkatnya saya akan berikan contoh penggunaannya, yaitu:

for
a period
(from start to end)
>===<
since
a point
(up to now)
x===>|
for 20 minutes
for three days
for 6 months
for 4 years
for 2 centuries
for a long time
for ever
etc
since 9am
since Monday
since January
since 1997
since 1500
since I left school
since the beginning of time
etc
Semua tenses
Hanya tenses perfect
 Itulah sedikit catatan yang dapat saya berikan, yah semoga bermanfaat ... 

                                   Pembelajaran ini bisa juga ditonton di video berikut ini:




3 komentar:

  1. tuan .
    klu pakai had been gi mana..perlu ing utk verb jugak ke..hrp bagi contoh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Had been itu biasa digunakan untuk past perfect tense dan past perfect continuous tense (pola kalimat)
      Untuk kalimat present perfect continuous tense, tentu kita menggunakan Ing.
      Contohnya:
      *She had been ill when I came (past perfect tense)
      *She had been cooking in the kitchen when her friends came

      Hapus