MENINGKATKAN INTERAKSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN


Saya telah mengajar di sekolah yang siswanya banyak (40 siswa) dan sedikit (4 siswa). Mengajar di sekolah yang siswanya banyak tentunya mempunyai tingkat kesulitan yang lebih banyak di bandingkan dengan siswa yang jumlahnya sedikit. Hal ini berhubungan dengan interaksi siswa, baik sesama siswa maupun terhadap guru. Interaksi yang terjadi antara guru dan siswa mungkin bisa berjalan dengan baik dikarenakan guru adalah controller dan leader di kelas, jadi dengan tidak sengaja sudah bisa terjadi interaksi antara siswa dan guru. Lain halnya interaksi yang dilakukan antara sesama siswa, khususnya untuk pelajaran bahasa inggris sangat sulit melihat mereka bisa berinteraksi dengan baik, apalagi yang berhubungan dengan berbicara.
  • Mengapa Interaksi sangat diperlukan
  • Masalah-masalah yang kita hadapi ketika mencoba meningkat interaksi antar siswa
  • Bagaimana kita dapat mempromosikan agar terjadi peningkatan interaksi siswa
  • Kesimpulan
Mengapa interaksi sangat diperlukan

Partisipasi siswa
Belajar apapun pasti memerlukan partisipasi apalagi yang berhubungan dengan mempelajari keterampilan, seperti belajar musik kita harus langsung ikut berpartisipasi memainkan alat musik tertentu dan mungkin menggabungkannya dengan alat-alat musik lainnya. Demikian juga halnya dengan mempelajari bahasa inggris, partisipasi adalah hal yang sangat diperlukan agar bisa langsung mempraktekkannya baik kepada guru maupun kepada rekan sesama siswa.
Memaksimalan waktu
Siswa perlu memaksimalkan waktu mereka untuk belajar dengan baik sesuai dengan waktu yang diberikan, belajar secara berpasangan atau kelompok adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan keaktifan siswa dan tentunya harus memaksimalkan waktu yang diberikan.
Kolaborasi
Guru memberikan soal-soal yang berbeda dan bisa saja menkolaborasikannya menjadi tugas atau soal yang baru, sehingga menimbulkan kerja kelompok yang membutuhkan kerja sama untuk memecahkan soal (tackle the task).
Sosialisasi
Dengan adanya interaksi antar siswa dalam sebuah pembelajaran, hal ini membuat siswa mempunyai tingkat sosialisasi yang tinggi, solidaritas antar siswa menjadi lebih baik. Dengan adanya sosialisasi siswa juga akan banyak mempelajari yang berhubungan keterampilan sosial atau social skill, seperti kesopanan, menghormati orang lain, dan sebagainya.
Motivasi
Motivasi adalah sebuah aspek yang sangat mendasar pada pembelajaran. Interaksi memberikan kesempatan untuk menggunakan bahasa dengan sebaik-baiknya dan mengukur kemajuan mereka dalam berbahasa.

Nah dari kesemua alasan tersebut diatas maka tentunya kita sebagai guru akan menemukan Masalah-masalah yang kita hadapi ketika mencoba meningkat interaksi antar siswa.
Penolakan siswa
Beberapa siswa tidak terlalu merasa nyaman ketika mereka harus berpasangan atau berkelompok, dikarenakan hal demikian lebih banyak akan melihat kesalahan satu sama lain, hal ini saya lihat ketika mengajar berkelompok, kebanyakan siswa selalu memperhatikan kesalahan-kesalahan temannya, jadi akan timbul kesenjangan-kesenjangan diantara mereka.
Kesadaran diri
Kesadaran yang kurang untuk mempertajam kemampuan bahasa mereka. Saya bertemu banyak sekali siswa yang menjadi takut, gemetaran dan malu untuk berbicara dalam bahasa Inggris, dan itu membuat interaksi tidak akan berjakan sesuai yang diinginkan.
Kelas yang besar
Secara teori, jumlah siswa yang banyak akan mudah berinteraksi satu sama lain. Tetapi lain halnya dengan praktek, semakin banyak siswa maka semakin sulit untuk mengembangkan interaksinya, karena semakin banyak yang harus kita monitor dan kesempatan terjadi masalah juga akan besar dan berdampak kepada proses pembelajaran, yang sering saya lihat adalah akan banyak siswa yang membuat keributan dikarenakan kondisi siswa yang banyak dan tidak termonitor oleh guru.
Pengabungan tingkat kemampuan
Ini terjadi pada kelas kursus, yang dimana biasanya mungkin berbeda kelas dan umur, tentunya untuk berinteraksi terasa enggan dan canggung.
Kurangnya motivasi
Guru harus banyak memberikan motivasi kepada siswanya tentang pentingnya interaksi dalam berpasangan atau berkelompok.

Berikut adalah Bagaimana kita dapat mempromosikan agar terjadi peningkatan interaksi siswa
Sebelum mengajar
Adalah hal yang sangat baik apabila kita mempersiapka diri kita sebelum mengajar, pengecekan rencana pembelajaran adalah hal yang sangat mendasar, kemudian cocokan tugas dan soal yang akan kita berikan kepada siswa, apakah mereka bisa berinteraksi atau apakah mereka akan menemukan kesulitan dalam pembelajaran tersebut. Tidak melakukan persiapan akan membuat kita kehilangan kontrol kelas.
Memberikan dukungan
Sewaktu menjelaskan materi, jangan lupa untuk selalu memberikan support, penjelasan materi secara efektif dan efisien adalah hal yang sangat diperlukan siswa, jangan ada siswa yang tidak mengerti tentan apa yang barusan kita bicarakan.
Memberikan persiapan waktu
Saya sering menemukan ketika sebuah interaksi kemudian terputus karena siswa tidak mempunyai waktu untuk berpikir tentang apa yang ingin mereka katakan dan bagaimana harus mengatakannya. Sehingga saya merencanakan untuk memberikan waktu berpikir kepada siswa sebelum memberikan materi atau tugas, sehingga mereka benar-benar mengerti dan nantinya juga akan bisa meningkatkan proses interaksi mereka.
Menciptakan suasana yang mendukung
Adalah hal yang sangat penting apabila kita menciptakan suasana yang bersahabat kepada siswa. Dengan memberikan dukungan atau support, menjelaskan dengan baik, dan selalu memberikan feedback kepada siswa tentang apa yang sudah mereka kerjakan atau mereka capai. Mudah untuk memberikan senyuman akan membuat siswa lupa terhadap kesulitan yang mereka jalani.
Memvariasikan interaksi dengan mengulangi tugas
Untuk hal memvariasi terkadang kita menemukan kesulitan dalam mencocokkan kelompok siswa, mereka cenderung memilih orang-orang yang se level dengan mereka atau teman sepergaulan mereka. Agar interaksi berjalan dengan baik, kita bisa menanyakan atau meminta mereka untuk memilih kelompok yang baru, dengan mengerjakan tugas yang sama. Hal ini saya lakukan agar mereka tidak hanya mengenal dan berinteraksi dengan orang yang sama tetapi terlebih mereka juga bisa mendapatkan sesuatu yang baru dan bankan bisa meningkankan social skill mereka.

KESIMPULAN
Interaksi dalam sebuah pembelajaran adalah hal yang sangat penting dan diperlukan, Interaksi juga membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan bahasa dan keterampilan sosial mereka (social skill), jadi memaksimalkan interaksi di kelas adalah tugas kita sebagai guru. Interaksi juga tidak akan muncul dengan tiba-tiba pada saat kita mengajar, proses interaksi harus kita pertimbangkan sebelum kita memulai pembelajaran.
Artikel ini adalah berdasarkan pengalaman secara umum, interaksi ini bisa dipersiapkan melalui rencana pelajaran (lesson plan).
Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semuan… thanks and God Bless …

6 comments:

  1. great post, I like it

    ReplyDelete
  2. Interaksi akan berjalan dengan baik apabila Guru menguasai materi dan kelas. thanks broooo articles nya muuuaannnnntapppppppp.

    ReplyDelete
  3. artikel yang bagus, sayang sekali gak ada rujukannya.
    Sehingga sedikit kurang berarti, karena hanya bisa dibaca tidak bisa dijadikan sumber rujukan, bahkan jika dijadikan sumber argumentasi secara ilmiah pun, menjadi lemah. padahal bagus isinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ya komentnya,
      Artikel itu memang pandangan saya saja,yang terlintas dalam pikiran, ya itu yang saya tulis.. jd memang gk pake rujukan/referensi lainnya.

      Delete
  4. sangat bermanfaat, tapi tidak di masukkan tips agar siswa bisa berinteraksi dg baik. pasahal pokok persoalannya kan itu

    ReplyDelete