Saya
telah mengajar di sekolah yang siswanya banyak (40 siswa) dan sedikit (4 siswa).
Mengajar di sekolah yang siswanya banyak tentunya mempunyai tingkat kesulitan
yang lebih banyak di bandingkan dengan siswa yang jumlahnya sedikit. Hal ini
berhubungan dengan interaksi siswa, baik sesama siswa maupun terhadap guru.
Interaksi yang terjadi antara guru dan siswa mungkin bisa berjalan dengan baik
dikarenakan guru adalah controller dan leader di kelas, jadi dengan tidak
sengaja sudah bisa terjadi interaksi antara siswa dan guru. Lain halnya
interaksi yang dilakukan antara sesama siswa, khususnya untuk pelajaran bahasa
inggris sangat sulit melihat mereka bisa berinteraksi dengan baik, apalagi yang
berhubungan dengan berbicara.
- Mengapa Interaksi sangat diperlukan
- Masalah-masalah yang kita hadapi ketika mencoba meningkat interaksi antar siswa
- Bagaimana kita dapat mempromosikan agar terjadi peningkatan interaksi siswa
- Kesimpulan
Mengapa interaksi sangat
diperlukan
Partisipasi
siswa
Belajar
apapun pasti memerlukan partisipasi apalagi yang berhubungan dengan mempelajari
keterampilan, seperti belajar musik kita harus langsung ikut berpartisipasi
memainkan alat musik tertentu dan mungkin menggabungkannya dengan alat-alat
musik lainnya. Demikian juga halnya dengan mempelajari bahasa inggris,
partisipasi adalah hal yang sangat diperlukan agar bisa langsung mempraktekkannya
baik kepada guru maupun kepada rekan sesama siswa.
Memaksimalan
waktu
Siswa
perlu memaksimalkan waktu mereka untuk belajar dengan baik sesuai dengan waktu
yang diberikan, belajar secara berpasangan atau kelompok adalah hal yang sangat
penting untuk meningkatkan keaktifan siswa dan tentunya harus memaksimalkan
waktu yang diberikan.
Kolaborasi
Guru
memberikan soal-soal yang berbeda dan bisa saja menkolaborasikannya menjadi
tugas atau soal yang baru, sehingga menimbulkan kerja kelompok yang membutuhkan
kerja sama untuk memecahkan soal (tackle the task).
Sosialisasi
Dengan
adanya interaksi antar siswa dalam sebuah pembelajaran, hal ini membuat siswa
mempunyai tingkat sosialisasi yang tinggi, solidaritas antar siswa menjadi
lebih baik. Dengan adanya sosialisasi siswa juga akan banyak mempelajari yang
berhubungan keterampilan sosial atau social skill, seperti kesopanan,
menghormati orang lain, dan sebagainya.
Motivasi
Motivasi
adalah sebuah aspek yang sangat mendasar pada pembelajaran. Interaksi
memberikan kesempatan untuk menggunakan bahasa dengan sebaik-baiknya dan
mengukur kemajuan mereka dalam berbahasa.
Nah
dari kesemua alasan tersebut diatas maka tentunya kita sebagai guru akan
menemukan Masalah-masalah yang kita hadapi ketika mencoba meningkat interaksi
antar siswa.
Penolakan siswa
Beberapa
siswa tidak terlalu merasa nyaman ketika mereka harus berpasangan atau
berkelompok, dikarenakan hal demikian lebih banyak akan melihat kesalahan satu
sama lain, hal ini saya lihat ketika mengajar berkelompok, kebanyakan siswa
selalu memperhatikan kesalahan-kesalahan temannya, jadi akan timbul
kesenjangan-kesenjangan diantara mereka.
Kesadaran diri
Kesadaran
yang kurang untuk mempertajam kemampuan bahasa mereka. Saya bertemu banyak
sekali siswa yang menjadi takut, gemetaran dan malu untuk berbicara dalam
bahasa Inggris, dan itu membuat interaksi tidak akan berjakan sesuai yang
diinginkan.
Kelas yang besar
Secara
teori, jumlah siswa yang banyak akan mudah berinteraksi satu sama lain. Tetapi lain
halnya dengan praktek, semakin banyak siswa maka semakin sulit untuk mengembangkan
interaksinya, karena semakin banyak yang harus kita monitor dan kesempatan
terjadi masalah juga akan besar dan berdampak kepada proses pembelajaran, yang
sering saya lihat adalah akan banyak siswa yang membuat keributan dikarenakan
kondisi siswa yang banyak dan tidak termonitor oleh guru.
Pengabungan tingkat
kemampuan
Ini
terjadi pada kelas kursus, yang dimana biasanya mungkin berbeda kelas dan umur,
tentunya untuk berinteraksi terasa enggan dan canggung.
Kurangnya motivasi
Guru
harus banyak memberikan motivasi kepada siswanya tentang pentingnya interaksi
dalam berpasangan atau berkelompok.
Berikut
adalah Bagaimana kita dapat mempromosikan agar terjadi peningkatan interaksi
siswa
Sebelum mengajar
Adalah
hal yang sangat baik apabila kita mempersiapka diri kita sebelum mengajar, pengecekan
rencana pembelajaran adalah hal yang sangat mendasar, kemudian cocokan tugas
dan soal yang akan kita berikan kepada siswa, apakah mereka bisa berinteraksi
atau apakah mereka akan menemukan kesulitan dalam pembelajaran tersebut. Tidak
melakukan persiapan akan membuat kita kehilangan kontrol kelas.
Memberikan dukungan
Sewaktu
menjelaskan materi, jangan lupa untuk selalu memberikan support, penjelasan
materi secara efektif dan efisien adalah hal yang sangat diperlukan siswa,
jangan ada siswa yang tidak mengerti tentan apa yang barusan kita bicarakan.
Memberikan persiapan waktu
Saya
sering menemukan ketika sebuah interaksi kemudian terputus karena siswa tidak
mempunyai waktu untuk berpikir tentang apa yang ingin mereka katakan dan
bagaimana harus mengatakannya. Sehingga saya merencanakan untuk memberikan
waktu berpikir kepada siswa sebelum memberikan materi atau tugas, sehingga
mereka benar-benar mengerti dan nantinya juga akan bisa meningkatkan proses
interaksi mereka.
Menciptakan suasana yang
mendukung
Adalah
hal yang sangat penting apabila kita menciptakan suasana yang bersahabat kepada
siswa. Dengan memberikan dukungan atau support, menjelaskan dengan baik, dan
selalu memberikan feedback kepada siswa tentang apa yang sudah mereka kerjakan
atau mereka capai. Mudah untuk memberikan senyuman akan membuat siswa lupa
terhadap kesulitan yang mereka jalani.
Memvariasikan interaksi dengan
mengulangi tugas
Untuk
hal memvariasi terkadang kita menemukan kesulitan dalam mencocokkan kelompok
siswa, mereka cenderung memilih orang-orang yang se level dengan mereka atau
teman sepergaulan mereka. Agar interaksi berjalan dengan baik, kita bisa
menanyakan atau meminta mereka untuk memilih kelompok yang baru, dengan
mengerjakan tugas yang sama. Hal ini saya lakukan agar mereka tidak hanya
mengenal dan berinteraksi dengan orang yang sama tetapi terlebih mereka juga
bisa mendapatkan sesuatu yang baru dan bankan bisa meningkankan social skill
mereka.
KESIMPULAN
Interaksi
dalam sebuah pembelajaran adalah hal yang sangat penting dan diperlukan,
Interaksi juga membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan bahasa dan
keterampilan sosial mereka (social skill), jadi memaksimalkan interaksi di
kelas adalah tugas kita sebagai guru. Interaksi juga tidak akan muncul dengan
tiba-tiba pada saat kita mengajar, proses interaksi harus kita pertimbangkan
sebelum kita memulai pembelajaran.
Artikel
ini adalah berdasarkan pengalaman secara umum, interaksi ini bisa dipersiapkan
melalui rencana pelajaran (lesson plan).
Semoga
artikel ini bermanfaat buat kita semuan… thanks and God Bless …
great post, I like it
BalasHapusInteraksi akan berjalan dengan baik apabila Guru menguasai materi dan kelas. thanks broooo articles nya muuuaannnnntapppppppp.
BalasHapusI do agree
BalasHapusartikel yang bagus, sayang sekali gak ada rujukannya.
BalasHapusSehingga sedikit kurang berarti, karena hanya bisa dibaca tidak bisa dijadikan sumber rujukan, bahkan jika dijadikan sumber argumentasi secara ilmiah pun, menjadi lemah. padahal bagus isinya
Thanks ya komentnya,
HapusArtikel itu memang pandangan saya saja,yang terlintas dalam pikiran, ya itu yang saya tulis.. jd memang gk pake rujukan/referensi lainnya.
sangat bermanfaat, tapi tidak di masukkan tips agar siswa bisa berinteraksi dg baik. pasahal pokok persoalannya kan itu
BalasHapusTerimakasih responnya
Hapus