Mengisi Waktu Luang

Kolam Ikan 5x10 M Dengan dua keramba
Pondok (2,5 x 4 M) diatas kolam
Siang-siang begini, lihat-lihat ikan di dekat kolam, ingat sama blog yang memang sudah lama tidak saya buka, ingat ingin menuliskan sesuatu, tetapi masih bingung mau tulis apa? jadi, kenapa tidak saya share aja mengenai pengisian waktu luang yang saya lakukan selama ini, siapa tau dapat menginspirasi teman-teman semua. To the point aja nih, bagi teman-teman yang kerjanya cuma setengah hari atau lebih dan masih ada waktu di rumah, seperti pekerjaan seorang Guru, kan masih banyak waktu yang tersisa, nah waktu yang tersisa itu saya manfaatkan untuk sedikit berkreasi di belakang rumah, memanfaatkan luas tanah yang saya punya yaitu 15 x 42 m, lumayan luas kan??, makanya sayang jika hal itu tidak digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Dari situlah timbul ide-ide seperti membuat kolam ikan, pondok, tanam pohon pisang dan tanaman-tanaman lainnya yang tentunya bisa bermanfaat dan bisa di konsumsi sendiri.
Nah, Dimulai dari kebiasaan suka mengkonsumsi ikan air tawar seperti ikan mas, nila, lele dll, maka timbul lah niat untuk ternak ikan sendiri. setelah saya browsing di internet lewat om Google, ternyata memelihara ikan-ikan kolam seperti itu tidak sulit kok yang penting ketersediaan air nya mencukupi, tidak banjir dan tidak kering saat kemarau tiba.

 Keramba (2 x 3 M)
Saya memulainya dengan membuat kolam tanah yang berukuran 5 x 10 meter, dengan tekstur tanah berlumpur, dan itu tidak memerlukan banyak biaya, dan memang sangat kebetulan sekali di sekitar kolam banyak mata air yang tentunya sangat membantu saat musim kemarau tiba, dan itu terbukti, kolam ikannya tidak kering, dan hasil ikan nya juga lumayan untuk konsumsi sendiri, dan bahkan kalau ditekuni serius tidak menutup kemungkinan bisa dijadikan bisnis ikan, :),, dalam tahap pencobaan......

Ada kandang Ayam juga
Disekitar kolam bisa kita manfaatkan untuk bercocok tanam, seperti tanam pohon pisang dan pohon mangga, atau tanaman lainnya yang bisa bermanfaat.  

Dari air pembuangan kolam bisa kita manfaatkan untuk pembuatan kolam ikan lele secara terpal, tapi saya masih baru mau memulainya.. :))


Sedikit Kreasi Pembuangan Air


2 Keramba dalam 1 Kolam

No comments:

Post a Comment