PROFIL SMPN 3 TOBA

Sekolah yang terletak di Dusun Bagan Asam Desa Bagan Asam Kecamatan Toba kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat ini dibangun pada tahun 2008, dan menerima siswa pertama pada tahun pelajaran 2008/2009. Pendaftaran pertama mencapai 30 orang siswa, tetapi karena pada saat itu sekolah mengalami kekurangan guru, maka banyak siswa yang kemudian berhenti dan memilih bekerja untuk membantu keluarga mereka.

SMPN 3 Toba adalah sekolah satu atap dengan SDN 01 Bagan Asam tetapi sudah memiliki gedung sendiri walaupun masih memiliki 2 ruangan. Sekolah ini terletak di daerah terpencil yang tidak mempunyai jalan darat dan hanya satu-satunya akses adalah melalui sungai yaitu sungai Labai, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ketapang tepatnya di dusun Kucai kecamatan Balai Bekuak.

Pada tahun pelajaran 2008/2009 SMPN 3 Toba sudah melakukan Kegiatan Belajar Mengajar walaupun dengan kondisi kekurangan guru, Guru yang bertugas hanya guru honorer yang merupakan Guru SDN 01 Bagan Asam dan 2 orang adalah warga setempat yang berpendidikan hanya tamatan SMA. Pada tahun 2011 SMPN 3 Toba untuk pertama kali menamatkan 9 orang siswa.

Kondisi siswa rupanya tidak mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, malah sebaliknya terjadi penurunan, dari angkatan 2008/2009 ada 9 orang (sudah tamat), angkatan 2009/2010 ada 8 orang,  angkatan 2010/2011 ada 6 orang, dan angkatan 2011/2012 ada 4 orang saja. Jadi sampai saat ini jumlah siswa keseluruhan adalah 18 orang siswa.

Sekolah pendukung SMPN 3 Toba hanya dua sekolah saja, yaitu SDN 01 Bagan Asam dan SDN labai. Sedangkan untuk SDN Labai lebih memilih sekolah di Kabupaten Ketapang yang ternyata lebih dekat. Sekolah ini tidak berkembang dari segi jumlah siswa dikarenakan kondisi yang sangat jauh dari kampung-kampung atau dusun tetangga, dan kondisi ini diperparah lagi dengan tidak adanya jalan darat, mereka yang mau bersekolah di sekolah ini hanya berasal dari Dusun Bagan Asam saja, itu pun mereka banyak yang menggunakan sampan atau speed untuk berangkat sekolah.

SMPN 3 Toba hanya memiliki luas tanah 30 x 40 m2 dengan luas bangunan 8 x 16 m2 dan tanah ini merupakan pemberian warga dusun dan saat ini sertifikat masih dalam pengurusan. Bangunan terdiri dari 2 ruangan belajar dan 3 WC. 1 ruangan di bagi menjadi 2 yaitu untuk ruangan belajar kelas IX dan ruangan guru.
Adapun mengenai personil guru yang bertugas di SMPN 3 Toba terdiri dari 5 orang Guru, 4 orang guru PNS dan 1 orang Guru tidak tetap. Dengan rincian Guru sebagai berikut:
NO
NAMA
JABATAN
STATUS
1
SARDI, S.Pd
Kepala Sekolah, BK
PNS
2
ASPIANDI, SE, S.Pd.Ing
Kaur Kurikulum, Bendahara BOS, Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
PNS
3
YULIANTO, S.Pd
Kaur Kesiswaan, Kaur Sarana, Guru Matematika, Pkn dan TIK
PNS
4
MAYA SUSI INDRAWATI, S.Pd
Kaur Humas, Guru IPA, IPS dan Seni Budaya
CPNS
5
ROBERTUS RAYADI
Tata Usaha, Guru Olah raga dan Mulok
Honorer

2 comments:

  1. wah.. ada ya nama "Toba" di kalimantan... :)
    kufikir toba di sumatera utara :) salam kenal buat yg ada di SMP N 3 Toba... tetap semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga pak, sekolah ini terletak di daerah terpencil, hanya bisa ditempuh lewat sungai ...

      Delete