Habis ide saat mengajar dengan segala kekurangan sering dirasakan guru yang mengajar di daerah terpencil, buku referensi tidak ada, komputer tidak ada dan bahkan teman sejawat juga tidak ada, dan apa yang harus dilakukan oleh guru dalam kondisi seperti ini?, tapi kebanyakan guru akan pasrah dan tetap mengajar apa adanya, tetap menggunakan buku yang mungkin sudah tidak terupdate, Kondisi seperti ini harus diatasi oleh guru sendiri karena tidak akan ada bantuan dari siapapun, sekali-sekali bisa lah bertanya kepada siswanya tentang materi yang sudah diajarkan, apakah mereka bisa menerimanya ataukah kebosanan yang melanda mereka? ...
Tentu kondisi seperti ini akan membawa kebosanan dalam kelas karena tidak ada fasilitas penunjang dan guru yang tidak kreatif dan tidak berkembang akan menjadi sumber kebosanan tersebut. Sebagai guru yang bertugas di daerah terpencil dengan segala kekurangan tentunya sering mengalami hal seperti itu, tetapi tidak lah menyerah ... Papan tulis (White board/white board) ya, itulah yang bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh guru, terlihat sepele dan sangat umum, tetapi jika guru memaksimalkan penggunaan papa tulis secara aktif dan efektif bahkan itu bisa menjadi menarik dan kelaspun bisa hidup dan yang terpenting siswa tidak mengalami kebosanan dalam pembelajaran dalam kelas.
Apasaja yang bisa dilakukan dengan papan tulis? banyak dan banyak sekali, yang sederhana adalah kita menyediakan spidol atau kapur yang berwarna terlebih dahulu, pastikan juga guru tidak ragu-ragu untuk menggambar sesuai dengan tema pembahasan. Berbicara sepanjang waktu pelajaran adalah bukan hal yang menarik untuk siswa serta mengerjakan tugas sepanjang pelajaran juga membuat pelajaran menjadi membosankan. Mencatat keyword atau kata kunci adalah hal yang menarik bagi siswa apalagi dibuat berwarna karena ada banyak siswa yang gaya belajarnya melalui visual atau penglihatan dan ini akan memudahakan ingatannya. Cobalah menggambar sesuatu yang ada kaitannya dengan tema pemelajaran, misalnya jika sedang membahas tentang alam, cobalah menggambar gunung atau sungai atau hutan dan itu akan merangsang siswa untuk termotivasi untuk belajar dan tentunya belajar akan menyenangkan.
Disamping itu, cobalah membagi papan tulis menjadi dua bagian dengan menggunakan spidol, setiap sisi baik kanan maupun kiri mempunyai fungsinya masing-masing, misalnya sisi sebelah kanan untuk pelajaran bahasa inggris bisa digunakan untuk kosakata atau vocabulary dan yang sebelah kiri untuk membuat kalimat atau grammar. Kalau bisa pergunakan juga spidol yang berwarna supaya terlihat perbedaan yang ingin kita tekankan. Jadi sebenarnya pembelajaran itu tergantung kreatifitas guru, semua fasilitas yang ada di dalam kelas merupakan media yang bisa digunakan dalam pembelajaran, tidaklah harus terkoneksi dengan internet dan listrik melulu. semoga lah semua guru bisa kreatif dalam menggunakan media pembelajaran baik di kota maupun di daerah terpencil ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar