Blusukan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sanggau

    Tak disangka dan tak diduga ternyata Pejabat Sanggau sekelas Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten bisa menyempatkan waktu untuk bertemu masyarakat dan guru-guru di daerah terpencil Kecamatan Toba Kabupaten Sanggau, dan bahkan mau meluangkan waktu bermalam bersama-sama guru yang bertugas di situ.
Harusnya setiap pejabat yang bekerja melayani masyarakat bisa meluangkan waktunya untuk turun langsung ke lapangan melihat kondisi real masyarakatnya.
Saat itu sabtu, 16 Maret 2013 rombongan dari kabupaten yang terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan, Staff Dinas Pendidikan dan Camat Kecamatan Toba berkunjung untuk melihat kondisi masyarakat yang ada di Desa Bagan Asam Dusun Bagan Asam, mereka berdialog langsung bersama guru-guru yang bertugas di Dusun tersebut dan tentunya masyarakat yang telah lama mengidam-idamkan adanya pejabat yang mau berkunjung di Dusun mereka yang merupakan salah satu daerah yang terpencil sangat senang dan berbangga hati karena adanya perhatian dari Pejabat.
Dari hasil kunjungan tersebut, saya mencatat dua isu pokok yang menjadi permasalahan yang ada di Dusun Bagan Asam tersebut, yaitu kurangnya tenaga pendidik yang berkualitas dan tidak adanya akses jalan darat. Mengenai kurangnya tenaga pendidik memang sudah menjadi permasalahan nasional yang memerlukan step by step untuk menyelesaikannya, syukurlah masih ada guru honor yang berasal dari daerah tersebut yang mau meluangkan waktunya untuk membantu proses pembelajaran. 
      Kemudian masalah akses jalan darat, Kepala Dinas dan Camat Kecamatan Toba berusaha untuk berdialog dengan salah satu pimpinan perusahaan perkebunan yang sawit yang beroperasi di daerah tersebut, terdapat beberapa kesepakatan antara mereka yang salah satu bunyinya adalah persetujuan untuk membuat jalan darat yang menghubungkan Dusun Bagan Asam menuju Desa Teraju Kecamatan Toba. Semoga saja ini bukan hanya janji-janji manis perusahaan, karena ada pepatah yang mengatakan "habis manis sepah dibuang", habis lahan masyarakat jalan pun belum jadi, dan bahkan ditinggalkan begitu saja.
Kami selaku Petugas Guru dan masyarakat Dusun Bagan Asam mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Yohanes Ontot selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sanggau yang dapat mengunjungi Dusun kami. Semoga di lain waktu Bapak mau berkunjung lagi. Tuhan Memberkati.

4 comments:

  1. Mantap Pak Yohanes Ontot,, kunjungan jg di desa kami donk,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..beruntung ya desa bagan asam sdh dikunjungi kedis pendidikan. thanks pak yohanes ontot

      Delete
  2. Bisa dijadikan contoh buat pejabat2 lainnya di Indonesia. Saluuuuut

    ReplyDelete