Memberikan pertanyaan kepada siswa

Berulangkali saya menjelaskan kepada siswa tentang menjawab pertanyaan YES/NO Question dan WH Question, tapi tetap saja tidak bisa menjawab dengan tepat, memang ada juga yang bisa menjawabnya, tapi kebanyakan lupa!!. 
Guru bahasa inggris sering dipusingkan dengan pengajaran READING COMPREHENSION di ruang kelas, harus dimulai dari mana, atau terus menggunakan teks dan soal yang ada di buku pelajaran atau LKS nya, dan lalu diam saja menunggu hasil jawaban siswa. Hah, tidak sesederhada itu, perlu kreativitas guru untuk menggali pemahaman siswa tentang isi teks nya, sesekali juga perlu untuk membuat pertanyaan di luar buku teks, karena kebanyakan buku teks hanya membuat pertanyaan pada tingkat yang rendah, atau dalam Taxonomy Bloom masih pada level Knowledge dan Understand.
Saya membaca penelitian yang dilakukan oleh Dyah Sunggingwati (2013) dengan judul "teachers' Questioning in Reading Lessons: A case study in Indonensia. dari hasil penelitian tersebut menemukan kebanyakan guru masih menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam buku teks. Memang sebuah kenyataan yang ada, makanya pemahaman siswa tentang teks di Indonesia masih rendah, bahkan jeleknya lagi banyak siswa yang tidak suka membaca buku, sehingga keterampilan untuk memahami sebuah teks atau buku masih sangat rendah.
Siswa perlu diberi pertanyaan pada level yang lebih tinggi seperti aplikasi, sintesis dan evaluasi, tentu hal ini perlu latihan dan kemauan guru itu sendiri. 

No comments:

Post a Comment