Apa ya persiapan UKG Online??

Saat Menuju Tempat Tugas
Praise God, rasa senang saat ada panggilan untuk ikut UKG (Uji Kompetensi Guru) Online tahun 2013, yang terbayang adalah saat nantinya lulus sertifikasi, trus dapat duit tambahan, wow :)... Duit yang lumayan besar, bisa buat tambah-tambahan penghasilan.. bahkan bisa beli ini beli itu juga, tapi sebenarnya bukan semata-mata itu saja yang menjadi tujuan pemerintah saat memberikan sertifikat pendidik kepada guru-guru se Indonesia, tujuan utamanya adalah peningkatan kualitas pendidikan, that's first!.
Tapi nih menurut saya, motivasi guru-guru untuk mendapatkan sertifikat ajaib ini sudah tidak semata-mata untuk peningkatan kualitas pendidikan dan kualitas guru itu sendiri, tapi sudah mengarah ke material, yang nantinya bukan malah meningkatkan kualitas pendidikan, tapi malah sebaliknya,. 

Oh ya, kalau berbicara tentang kualitas pendidikan, pemerintah tidak boleh hanya berbicara tentang bagaimana meningkatkan kualitas gurunya saja, tetapi lebih kepada peningkatan kualitas penunjang pendidikan, ironinya terjadi kepada kami selaku guru-guru yang bertugas di daerah terpencil, dimana akses informasi, akses jalan yang hampir membuat kegiatan sekolah terputus, tapi hebatnya masyarakat di daerah terpencil sangat mendukung pendidikan di daerahnya, ini terbukti dengan memberikan kesempatan kepada anak-anak mereka untuk tetap bersekolah dan tetap berkontribusi melalui komite sekolah, apa yang harus dilakukan pemerintah adalah tingkatkan kualitas penunjang pendidikan, seperti memberikan bantuan berupa peralatan sekolah, pengiriman guru-guru ke daerah terpencil, dan jangan lupa rumah dinas yang layak untuk guru-guru di daerah terpencil. Saya rasa kalau kualitas guru dan kualitas sistem pendidikan serta kualitas penunjang pendidikan diperhatikan, bukan tidak mungkin kualitas pendidikan kita akan menyamai bahkan lebih maju dari negara-negara tetangga kita yang sudah maju dalam pendidikan saat ini.
Rumah warga di daerah terpencil
Oh ya sampe lupa sama judul psotingannya, :),, apa nih persiapan untuk UKG?,
Menurut teman-teman sih, buka di internet saja, pasti tahu apa-apa saja yang harus kita persiapkan, let's check it!
Ternyata memang ada di internet, puji Tuhan lah, jadi saya dan teman-teman tidak perlu datang ke kota kabupaten, cukup di depan laptop saja kita sudah mendapatkan info-info penting dan contoh-contoh soal tentang UKG Online ini. Akhirnya saya tau nih tempat, tanggal dan waktu pelaksanaan UKG Onlinenya. Mungkin untuk berbagi, buat teman-teman yang masih bingung bisa di lihat di http://sergur.kemdiknas.go.id/, terus ikut deh petunjuk-petunjuk yang di berikan., trus klik aja di (daftar guru belum bersertifikat pendidik), lalu ketik No NUPTK nya ... trus keluar deh informasi-informasi nya....
Atau kalau mau teknisnya buka di youtube aja.. 

2 comments:

  1. ku tertarik dengan gambar rumah itu pak.kok sepi yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu di kampung, dusun bagan asam kab sanggau.
      antara rumah satu dgn yg lainnya berjauhan.
      thanks.

      Delete