Laporan SPJ BOS SMPN 3 TOBA periode Juli, Agustus dan September selesai …


Inilah tugas seorang guru yang mendapat tugas tambahan sebagai Bendahara BOS (Bantuan Operasional Sekolah) harus membuat laporan SPJ yang dibuat per triwulan yang menjadi persyaratan untuk BOS periode selanjutnya. 
Tetapi tidak terlalu membutuhkan waktu yang begitu lama lah untuk membuat laporan yang memang sudah menjadi tugas rutin setiap per tiga bulan sekali tersebut, Cuma hanya merubah angka-angka rupiah yang disesuaikan dengan belanja sekolah. 
Dari tahun lalu sekolah kami malah kekurangan siswa, untuk tahun pelajaran 2011/2012 ini sekolah kami hanya mendapat tambahan siswa 4 orang saja dan jumlah keseluruhannya adalah 18 orang siswa saja, menyedihkan sekali yah ...:)  maklum sajalah itu dikarenakan letak sekolah yang terpencil dan hanya di dukung oleh satu SD  saja, yaitu SDN 1 Bagan Asama, jadi ya hanya mengharapkan lulusan dari SD tersebut saja.  Dan kalau di hitung-hitung jumlah dana BOS yang kami dapatkan hanya Rp. 2.560.000 saja dan jumlah yang kecil itu untuk membayar semua keperluan sekolah, termasuklah membayar honor seorang guru. 

Tidak ada perubuhan dalam penyusunan lapran SPJ pada periode ini, verifikator BOS dinas pendidikan dan kebudayaan (nama baru, yang dulunya Diknas) pun tidak perlu berlama-lama untuk mengecek semua data pengeluaran, hanya butuh waktu 8 menit saja sudah selesai, lain halnya dengan jumlah siswa yang diatas 100 orang dan apalagi mencapai 800 an orang siswa, maka akan memerlukan waktu yang agak lama karena harus diteliti semua pengeluaran-pengeluaran sekolah jangan sampai ada pengeluaran yang seharusnya tidak perlu dan tidak boleh menggunakan dana BOS. 
Satu tugas ku terselesai sudah, tinggal menunggu dana BOS periode berikutnya yaitu untuk bulan Oktober, November dan Desember… hehe, tetapi tetap saja sekolah kami kekurangan dalam hal pendanaan …

No comments:

Post a Comment